Berikut akan kami sampaikan tips sablon agar hasil sablon baju kaos anda lebih presisi atau pas.  Mengingat bahwa susah sekali menyablon beberapa warna agar menjadi pas dan tidak bergeser maka anda perlu mengetahui Teknik Sablon Agar Presisi.

Sebelum menggunakan teknik ini ada beberapa faktor yang perlu anda ketahui agar hasil sablonnya tepat antara screen yang satu dengan screen yang lainnya.

Buat Register Pada Screen

Register yang dimaksud adalah “patokan” agar masing-masing screen yang berbeda warna tepat pada posisinya.  Caranya adalah dengan membuat settigan berupa “tanda + (plus)” pada setiap screen.  Contoh apabila kita membuat screen dengan beberapa warna sebagai berikut :

teknik sablon agar presisi

Contoh hasil yang diinginkan

Pada gambar diatas, kita menggunakan tanda + sebagai patokan nanti di screen yang akan dibuat.  Baik sekarang kita pisahkan warnanya, berarti ada 3 screen yang harus dibuat yakni screen orange, merah dan biru.  Pada kesempatan ini sy menggunakan corel draw untuk memisahkan gambarnya dan membuat garis registernya. Teknik Sablon Agar Presisi :

 

teknik sablon agar presisi

screen orange

 

teknik sablon agar presisi

Screen Merah

Screen Biru

Nah agar masing masing screen tersebut saling pas dan presisi, terlebih dahulu letakkan gambar jadi pada area baju yang akan di sablon.  Sebelumnya letakkan dulu baju kaos yang akan disablon pada meja sablon.

Tandailah masing-masing screen dengan pulpen atau pensil seusai dengan garis registernya.  Kemudian saat akan dilakukan penyinaran posisikan masing-masing screen pada register yang sudah dibuat tadi.

Teknik dengan Bingkai Presisi

Menggunakan bingkai presisi ini sangat mudah, dan anda bisa mendapatkan peralatannya di media online.  Saat ini yang banyak memproduksi bingkai presisi ini dari daerah Jawa dan sekitarnya.  Penggunaanya pun sangat mudah dan tidak memakan banyak tempat, namun anda harus sediakan banyak papan sablon.

Pasanglah satu kaos sebagai patokan pada satu papan sablon.  Kemudian tempelkan kertas yang sudah dicetak dengan garis registernya.  Sesuaikan tanda register “+” tadi pada kertas yang ditempel tersebut untuk mencocokkan posisi screen pada bidang kaos.

tempat sablon kaos pontianak

Penting : Terkadang posisi register ini bisa berubah akibat penempelan kertas patokan yang tidak melekat kuat dan bergeser.  Untuk itu anda perlu melihat lebih jeli lagi untuk screen yang kedua dan seterusnya.

Meja Banting

Meja banting adalah salah satu alat yang paling banyak digunakan oleh para sabloners untuk mencapai tingkat presisi yang sangat prima.  Konsepnya sangat sederhana hanya saja memerlukan ruang kerja yang cukup luas.  Para sabloners lain terutama yang sudah profesional menggunakan cara ini agar tingkat presisi sablon pas dengan baik.

meja sablon banting manual

 

Pada kesempatan ini kami menggunakan teknik bingkai presisi, dan hasilnya juga cukup memuaskan.  Mengenai cara mana yang akan anda pilih tergantung budget dan lokasi ruangan kerja anda.

Bagi anda yang ingin jasa sablon kaos pontianak silahkan hubungi kami untuk informasi lanjut.

Teknik Sablon Agar Presisi

Navigasi pos


3 tanggapan untuk “Teknik Sablon Agar Presisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas