Mengatasi Tinta Sablon Mudah Mampet

Kami akan berikan tips bagi anda seputar masalah dalam Mengatasi Tinta Sablon Mudah Mampet.  Hal ini berdasarkan pengalaman kami selama menjadi sabloners.

Mengatasi Tinta Sablon Mudah Mampet

Ketika anda menyablon dalam jumlah yang banyak tentunya anda akan mengalami beberapa hal terkait tinta sablon, salah satunya adalah tinta sablon mampet dan kering pada screen.  Apa yang salah ? kenapa tinta mudah sekali kering dan mampet pada screen ? Berikut beberapa alasannya :

  • Adonan tinta terlalu kental.  Adonan yang kental akan semakin membuat tinta sablon cepat kering dan mampet pada screen.  Untuk itu anda harus mengencerkan tinta sablon dengan cairan pengencer atau dapat pula menggunakan binder. Baca : Cara Membuat Adonan Tinta Sablon yang Tepat
  • Screen yang digunakan tidak tepat.  Ada beberapa ukuran mesh (kerapatan) screen yang cocok tergantung tinta yang anda gunakan.  Untuk tinta rubber misalnya anda perlu menggunakan screen T55, T66, atau T77.  Sementara tinta minyak biasanya diatas 100 misalnya T120 dan T160.
  • Jenis rakel yang digunakan.  Rakel sangat berpengaruh pada saat penyablonan, ada beberapa jenis rakel yang khusus untuk tinta rubber dan ada pula yang khusus untuk tinta minyak.  Dalam jal ini anda dapat menanyakan pada tempat penjual alat-alat sablon rakel mana yang cocok.
  • Banyak bekatul (tinta kering) yang disebabkan penyimpanan tinta yang tidak baik.  Simpanlah tinta yang telah digunakan ditempatnya dengan menutup rapat-rapat sehingga tidak menyebabkan munculnya bekatul atau tinta yang membeku.
  • Gunakan cairan Printol.  Cairan printol sangat baik sekali dicampurkan pada tinta, cairan ini akan membuat tinta menjadi lunak dan mengkilap dan dapat Mengatasi Tinta Sablon Mudah Mampet.  Kami sudah melakukan banyak uji coba ternyata cara ini adalah salah satu yang paling efektif.

Mengatasi Tinta Sablon Mudah Mampet

Anjuran kami, jangan gunakan tinta yang murahan apabila ingin hasil yang bagus dan tidak mudah mampet pada screen.  Karena kualitas tinta sangat berpengaruh baik dari segi hasil maupun proses pengerjaannya.  Tidak ada tips lain selain jam terbang, semakin sering anda menyablon maka semakin anda menemukan masalah dan menemukan pula solusinya.  Salam Sabloners!

Mengatasi Tinta Sablon Mudah Mampet

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas